Senin, 11 November 2013

Taman Wisata Studi Lingkungan

Upaya pelestarian lingkungan hidup mutlak butuh sinergisitas antara pihak pemerintah dengan masyarakat. Lingkungan yang lestari dapat terwujud apabila masyarakat sadar bahwa keseimbangan alam adalah suatu hal yang harus dijaga.
Berangkat dari satu tujuan penyediaan sarana wisata dan media studi tentang lingkungan bagi masyarakat Kota Probolinggo maka dibangunlah Taman Wisata Studi Lingkungan.
Taman Wisata Studi Lingkungan atau TWSL terletak di Jalan Basuki Rahmat. Dibangun tujuh tahun lalu, tepatnya diresmikan pada hari Jumat tanggal 15 September 2006 oleh Bapak Walikota Probolinggo. Saat ini pengembangan yang dilakukan di TWSL adalah penanaman berbagai jenis pohon dan pengembangan jenis satwa. Sudah terdapat 20 jenis pohon dan beberapa jenis satwa di TWSL.
Diantara jenis pepohonan antara lain pohon mahoni, mengkudu, waru rangkang dan beberapa jenis tanaman yang lain sdangkan untuk satwa meliputi reptil, unggas, mamalia seperti ular phiton, crocodile, burung kakak tua, burung rajawali, wak-wak, dan masih banyak lagi.
Selain terdapat jenis pepohonan dan aneka macam satwa, TWSL juga menyediakan sarana bermain untuk anak-anak, dan yang tak kalah pentingnya lagi di sana juga menyediakan fasilitas perpustakaan umum oleh UPTD PISLH yang dimanfaatkan untuk mereka yang ingin mengembangkan wawasan lingkungan dan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan TWSL tersebut.
Selain meningkatkan pengetahuan dan wawasan lingkungan, TWSL ternyata masih mempunyai banyak tujuan diantaranya untuk meningkatkan produktifitas lahan sebagai aset Pemerintah Kota Probolinggo, kemudian sebagai akselerasi penyadaran dan kepedulian terhadap pengelolaan pelestarian lingkungan, dan yang terkahir untuk meningkatkan kapasitas daerah Kota Probolinggo.
Jadi dengan demikian kita mendapatkan manfaat sesuai dengan apa yang kita harapkan. Selain menambah keramaian masyarakat pusat kota Probolinggo, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menigkatkan kesempatan berusaha masyarakat, dan yang terakhir untuk mengurangi kerawanan konflik sosial perkotaan khususnya Kota Probolinggo.
Jika berminat ingin berpetualang dan medapat pengalaman menarik seputar wawasan lingkungan, yuk berkunjung ke TWSL Kota Probolinggo.

0 komentar:

Posting Komentar