Senin, 11 November 2013

Kesenian Kelabang Songo Curi Perhatian Pengunjung Parade Budaya

Penamipilan grup Kelabang Songo mampu mencuri perhatian para pengunjung yang menyaksikan parade budaya. Karena selain ada seni tari kipas, di sepanjang penampilannya juga ada lagu-lagu yang mengiringinya.
Jenis lagunya juga bermacam-macam, mulai dangdut irama koplo yang diaransemen aksen dan bahasa Madura hingga musik campursari. Ada juga musik patrol serta irama yang sedikit ngerock. Dilihat dari perlengkapan musiknya memang berbasis seni musik patrol yang banyak dikenal di kawasan Tapal Kuda. Namun alat musiknya sudah banyak perpaduan, mulai gamelan, tambur, gendang dan drum.
Melodinya memakai electon sehingga menjadi perpaduan seni musik tradisional dan modern. Perlengkapan musik ini diangkut dengan kendaraan khusus dari bekas chasis truk. Ornamen dan dekorasi kendaraan juga sudah disulap dengan sentuhan seni ukir perpaduan budaya Jawa dan Madura.
Grup Kelabang Songo menampilkan 45 penari kipas yang  berlenggak-lenggok mengawali arak-arakan parade budaya yang digelar Kabupaten Kediri Penari kipas ini merupakan bagian dari kru kesenian dari Pemerintah Kota Probolinggo dengan nama Kelabang Songo. Grup kesenian ini merupakan perpaduan unik antara seni tari, musik dan menyanyi.   Sementara musik yang diusung  merupakan perpaduan seni musik lintas etnis dan gado-gado.


0 komentar:

Posting Komentar