Minggu, 10 November 2013

Potensi Kekayaan Laut Kota Probolinggo

Usaha perikanan banyak memberikan penghasilan bagi masyarakat meski sering dipandang sebelah mata. Sebagai salah satu pendukung kebutuhan pangan dan kehidupan yang bergizi, ikan memberikan asupan gizi yang cukup sehingga banyak orang kini mengkonsumsinya. Apalagi dalam membudidayakannya telah banyak mengalami kemajuan sehingga untuk mengembangkan usaha ini banyak menarik minat dan perhatian dari berbagai pihak.
 Kegiatan usaha perikanan yang terdapat  di Kota Probolinggo meliputi usaha perikanan tangkap, pengolahan hasil laut, dan perikanan budidaya. Usaha Perikanan Tangkap atau penangkapan ikan di perairan umum dan pengolahan hasil laut berlokasi di Kecamatan Mayangan dengan komoditas unggulan di perairan Mayangan yaitu kakap merah, kurisi, kerapu, dan lemuru. Sedangkan perikanan budidaya berlokasi di berbagai kelurahan di Probolinggo antara lain Kelurahan Jrebeng Wetan, Kelurahan Magunharjo, Kelurahan Sukabumi, Kelurahan Ketapang dll.  Usaha bidang budidaya ikan yang meliputi tambak dan kolam ikan air tawar. Kota Probolinggo memiliki  tambak seluas 165,5 Ha, yang terdiri dari 9,68 Ha tambak Dinas Kelautan dan Perikanan yang terbagi tas sebelas petak dan 154,82 Ha tambak masyarakat. Jenis ikan yang di budidaya yaitu, ikan lele, nila, bandeng dan udang vannamei.


Produksi Perikanan yang menonjol antara lain :
A.    Penangkapan laut
Laut berproduksi setiap tahun di Kota Probolinggo mencapai 52.385,6 ton hasil tangkapan, dan di perairan umum produksi per tahun mencapai 75,4 ton hasil tangkapan. Meliputi dari lokasi Kelurahan Mayangan, Mangunharjo, Sukabumi dan Kelurahan Pilang Ketapang.
B.     Pengolahan hasil laut
Memproduksi berbagai jenis olahan hasil laut diantaranya pengolahan tepung ikan, pakan ternak, krupuk ikan, dan berbagai jenis olahan makanan yg terbuat dari bahan dasar ikan. Meliputi dari lokasi Kelurahan Mayangan, Mangunharjo.
C.     Perikanan budidaya
Perikanan tambak berproduksi per tahun mencapai 324,1 ton, kolam berproduksi pertahun 338,5 ton sedangkan untuk keramba menghasilkan ikan gurami dan nila.

0 komentar:

Posting Komentar