Selasa, 12 November 2013

Gunung Bromo Inspirasi Sego Mbledos

Bila anda berkunjung ke Kota Probolinggo, tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner sego mbledos. Sego mbeldos merupakan makanan yang ada hanya ada di Probolinggo dan bentuknya unik menyerupai Gunung Bromo. Mungkin karena punya tempat wisata Gunung Bromo sehingga masakan khas kulinernya harus disuguhkan dengan bentuk khas gunung Bromo. Menu ini, tak akan ada di tempat lain, karena menu kuliner sego mbledos hanya ada di Cafe van de Goen, Jalan Suroyo kecamatan mayangan kota Probolinggo.
Sego mbledos atau  dalam bahasa indonesia berarti nasi meletus merupakan menu andalan cafe ini yang nasinya menyerupai bentuk dari gunung bromo. Betapa tidak dengan bentuk menyerupai gunung dan di sampingnya berisikan plecing kangkung layaknya savana gunung bromo yang eksotik.
Bahkan untuk sambalnya di bikin lumer dan berwarna merah  meyerupai lava pijar yang keluar dari gunung. Dikatakan mbeledos karena bila nasi ini dimakan  di dalam nasi yang bentuknya kerucut ini akan keluar berbagai macam lauk pauk seperti sambal goreng ikan teri goreng dan urap urap. Dengan harga relatif murah hanya 10 ribu saja, lidah kita  akan dimanjakan dengan sensari rasa yang menggoda.
Cara pembuatan nasi mbledos ini nasi putih dicetak dalam cetakan berntuk kerucut  dengan cara satu sendok nasi putih yang dipadatkan kemudian di campur lauk ikan teri kemudian nasi putih lagi dan ditambahkan sambal goreng  dan seterusnya.
Kemudian bila sudah menyerupai gunung ( kerucut) di pinggir nasi diberikan aneka lalapan seperti urap-urap mentimun dan plecing kangkung. Selanjutnya di  atas kerucut nasi diberikan sambal cair berwarna merah  hingga membentuk lava pijar yang keluar dari gunung.

0 komentar:

Posting Komentar